Anggota Satuan Linmas Desa dan Kelurahan Ikuti Pembinaan PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Rabu (16/11), bertempat di Bale Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan, diselenggarakan pembukaan kegiatan Pembinaan Keamanan Lingkungan di Masyarakat bagi Angota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa/Kelurahan se-Kabupaten Sumedang. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah H. Atje Arifin Abdullah, SH, SIP, MSi atas nama Bupati Sumedang. Menurut laporan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (BKBPMPB) Teddy Mulyono, SH, peserta pembinaan adalah para Komandan Regu Satuan Linmas perwakilan dari tiap desa/kelurahan berjumlah 208 orang.

 

Adapun lokasi pembinaan, lanjutnya, dibagi menjadi empat wilayah eks Pembantu Bupati yakni Kecamatan Pamulihan, Tanjungkerta, Situraja, dan Tomo. “Untuk wilayah pertama dilaksanakan hari ini (16/11) dengan jumlah peserta 56 orang, meliputi Kecamatan Pamulihan, Tanjungsari, Jatinangor, Sukasari, Rancakalong, Cimanggung, Sumedang Utara, dan Sumedang Selatan.”

 

Untuk wilayah Kecamatan Situraja dan sekitarnya akan dilaksanakan tanggal 17 Nopember dengan jumlah peserta 56 orang, Kecamatan Tanjungkerta 21 Nopember peserta 48 orang, dan terakhir di Kecamatan Tomo pada 22 Nopember diikuti sebanyak 48 peserta, ungkapnya.

 

“Tujuan dari pembinaan ini,” terang Kepala BKBPMPB, “ adalah untuk mengingatkan kembali para anggota Satuan Linmas akan tugas pokok dan fungsi Linmas sebagai kekuatan masyarakat untuk menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan, termasuk penanggulangan bencana dan pengamanan Pemilu,” terangnya.

 

Bupati Dr. H. Don Murdono, SH, MSi dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah berpesan agar kegiatan pembinaan ini dilaksanakan dan diikuti dengan baik sehingga maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dapat tercapai.

 

Dikatakan Bupati, Satuan Linmas merupakan suatu lembaga kemasyarakatan dengan pembinaan yang berjenjang, mulai dari Mendagri sebagai Pembina Umum, Gubernur dan Bupati/Walikota sebagai Pembina Teknis Operasional di daerah, serta Camat, dan Lurah/Kades. “Hal tersebut dimaksudkan untuk membangun kesadaran bela negara masyarakat sebagaimana diamanatkan UUD 1945 pasal 30 ayat (1), bahwa Tiap-Tiap Warga Negara Berhak dan Wajib Ikut Serta dalam Usaha Pembelaan Negara,” papar Bupati.

 

Bupati juga menginstruksikan kepada BKBPMPB untuk segera memfasilitasi terbentuknya Forum Satuan Linmas Tingkat Kabupaten, “Saat ini telah terbentuk forum komunikasi Satuan Linmas Tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan yang kepengurusannya berasal dari anggota Linmas itu sendiri, namun forum Tingkat Kabupaten belum terbentuk. Tahun ini diharapkan segera terbentuk”.

 

Bupati berharap program perlindungan masyarakat dapat terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya terutama dalam menunjang program pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana, serta pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum.

 

Sekda menambahkan bahwa anggota Satuan Linmas seharusnya mendapatkan perlindungan dan jaminan kesejahteraan dari pemerintah. “Selama ini anggota Satuan Linmas dalam menjalankan tugasnya hanya mendapat penghasilan apa adanya. Bahkan dari APBDes sendiri tidak ada anggarannya. Oleh karena itu, setidaknya statusnya harus mendapat pengakuan. Seperti diberi kartu anggota berasuransi,” tutur Sekda.

 

Di akhir acara, Sekretaris Daerah secara simbolis membagikan sepatu bot, jas hujan, dan senter untuk seluruh desa/kelurahan masing-masing 2 unit sebagai sarana penunjang pelaksanaan tugas-tugas Satuan Linmas di wilayahnya.

 

Sumber : Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kabupaten Sumedang